Posted by
Unknown on Jumat, 19 April 2013
Nomor: 618
Dari Anas رضي الله عنه, katanya: "Rasulullah صلی الله عليه وسلم itu adalah sebaik-baik manusia dalam hal budipekertinya." (Muttafaq 'alaih)
Nomor: 619
Dari Anas رضي الله عنه
pula, katanya: "Saya tidak pernah memegang suatu sutera tebal ataupun
sutera tipis yang rasanya lebih halus daripada tapak tangan Rasulullah صلی الله عليه وسلم Saya juga tidak pernah mencium satu bau-bauanpun yang lebih harum daripada bau Rasulullah صلی الله عليه وسلم Saya telah melayani Rasulullah صلی الله عليه وسلم
selama sepuluh tahun, maka beliau tidak pernah samasekali mengucapkan
"cis" pada saya, juga tidak pernah bersabda: "Mengapa engkau lakukan
itu," untuk sesuatu yang saya lakukan, atau bersabda: "Alangkah baiknya
kalau engkau melakukan begini," untuk sesuatu yang tidak saya lakukan."
(Muttafaq 'alaih)
Nomor: 620
Dari as-Sha'bu bin Jatstsamah رضي الله عنه, katanya: "Saya pernah memberikan hadiah kepada Rasulullah صلی الله عليه وسلم berupa seekor keledai liar, kemudian beliau صلی الله عليه وسلم mengembalikannya pada saya. Setelah beliau melihat kecemasan yang tampak di mukaku, lalu beliau صلی الله عليه وسلمbersabda: "Kita tidak mengembalikannya itu padamu, melainkan karena kita ini sedang melakukan ihram." (Muttafaq 'alaih)
Nomor: 621
Dari an-Nawwas bin Sam'an رضي الله عنه, katanya: "Saya bertanya kepada Rasulullah صلی الله عليه وسلمperihal kebajikan dan dosa. Beliau صلی الله عليه وسلم
lalu bersabda: "Kebajikan itu ialah baiknya budipekerti dan dosa itu
ialah apa-apa yang engkau rasakan bimbang dalam dada - yakni hati - dan
engkau tidak suka kalau hal itu diketahui oleh orang banyak."
(Riwayat Muslim)
Nomor: 622
Dari Abdullah bin Amr bin al-'Ash radhiallahu 'anhuma, katanya: "Rasulullah صلی الله عليه وسلم
itu bukan seorang yang kotor - baik kata-katanya atau tindakannya - dan
tidak pula seorang yang bersengaja hendak berbuat kekotoran - baik
kata-kata atau tindakannya." Beliau صلی الله عليه وسلمbersabda:
"Sesungguhnya termasuk dalam golongan orang-orang yang terpilih di
antara engkau semua adalah orang yang terbaik budipekertinya." (Muttafaq
'alaih)
Nomor: 623
Dari Abu darda' رضي الله عنهbahwasanya Nabi صلی الله عليه وسلمbersabda:
"Tidak ada sesuatu yang lebih berat dalam timbangan amalannya seseorang
mu'min besok pada hari kiamat daripada baiknya budipekerti dan
sesungguhnya Allah itu membenci kepada seorang yang kotor serta rendah
kata-katanya - yakni yang senantiasa memperbincangkan kemesuman,
kejahatan dan Iain-Iain."
Diriwayatkan oleh Imam Termidzi dan ia mengatakan bahwa ini adalah Hadis shahih.
Nomor: 624
Dari Abu Hurairah رضي الله عنهkatanya: "Rasulullah صلی الله عليه وسلمditanya tentang apakah sebagian besar amalan yang memasukkan para manusia itu dalam syurga. Beliau صلی الله عليه وسلمmenjawab:
"Yaitu bertaqwa kepada Allah dan bagusnya budipekerti." Beliau ditanya
pula tentang apakah sebagian besar amalan yang memasukkan para manusia
dalam neraka. Beliau menjawab: "Yaitu karena perbuatan mulut dan
kemaluan."
Diriwayatkan oleh Imam Termidzi dan ia mengatakan bahwa ini adalah Hadis hasan.
Nomor: 625
Dari Abu Hurairah رضي الله عنه pula, katanya: "Rasulullah صلی الله عليه وسلمbersabda:
"Sesempurna-sempurnanya
kaum mu'minin dalam hal keimanannya ialah yang terbaik budipekertinya
di antara mereka itu sedang orang-orang yang pilihan di antara engkau
semua itu ialah yang terbaik hubungan - pergaulannya - dengan
isteri-isterinya."
Diriwayatkan oleh Imam Termidzi dan ia mengatakan bahwa Hadis ini adalah hasan shahih.
Diriwayatkan oleh Imam Termidzi dan ia mengatakan bahwa Hadis ini adalah hasan shahih.
Nomor: 626
Dari Aisyah رضي الله عنها, katanya: "Saya mendengar Nabi صلی الله عليه وسلمbersabda:
"Sesungguhnya
seorang mu'min itu niscayalah dapat mencapai derajatnya seorang yang
berpuasa - pada siang harinya - dan berdiri bersembahyang - pada malam
harinya - dengan sebab kebaikan budipekertinya itu." (Riwayat Abu Dawud)
Nomor: 627
Dari Abu Umamah al-Bahili رضي الله عنه, katanya: "Rasulullah صلی الله عليه وسلمbersabda:
"Saya
adalah seorang yang memberikan jaminan untuk memperoleh sebuah rumah
dalam halaman syurga bagi seseorang yang meninggalkan memberikan
bantahan, sekalipun ia merasa dalam kebenaran -apa yang dibantahnya itu,
juga sebuah rumah di tengah syurga bagi seseorang yang meninggalkan
dusta, sekalipun dengan maksud bersenda gurau, demikian pula sebuah
rumah di tanah tinggi syurga bagi seorang yang memperbaiki
budipekertinya."
Hadis shahih yang diriwayatkan oleh Imam Abu Dawud dengan isnad shahih.
Azza'im artinya seorang yang memberikan jaminan. Makna aslinya ialah pemimpin.
Hadis shahih yang diriwayatkan oleh Imam Abu Dawud dengan isnad shahih.
Azza'im artinya seorang yang memberikan jaminan. Makna aslinya ialah pemimpin.
Nomor: 628
Dari Jabir رضي الله عنهbahwasanya Rasulullah صلی الله عليه وسلمbersabda:
"Sesungguhnya termasuk golongan orang yang paling saya cintai di antara
engkau semua serta yang terdekat kedudukannya dengan saya pada hari
kiamat ialah yang terbaik budipekertinya di antara engkau semua itu, dan
sesungguhnya termasuk golongan orang yang paling saya benci di antara
engkau semua serta yang terjauh kedudukannya dengan saya pada hari
kiamat ialah orang-orang yang banyak berbicara, sombong bicaranya serta
merasa tinggi apa yang dipercakapkannya itu - karena kecongkakannya."
Para sahabat berkata: "Ya Rasulullah, kita semua telah mengerti apa arti
orang yang banyak bicara serta orang yang sombong bicaranya. Tetapi
apakah yang dimaksud mutafaihiq itu." Beliau صلی الله عليه وسلمmenjawab: "Mereka itu ialah orang-orang yang sombong - merasa tinggi isi pembicaraannya."
Diriwayatkan oleh ImamTermidzi dan ia mengatakan bahwa ini adalah Hadis hasan.
Atstsartsar ialah orang yang banyak bicaranya secara dipaksa-paksakan sendiri. Almutasyaddiq ialah orang yang berlagak sombong kepada orang banyak dengan kata- katanya dan kalau berbicara itu serasa penuh isi mulutnya karena hendak memfasih-fasihkan serta mengagung-agungkan pembicaraannya sendiri itu. Adapun Almutafaihiq asalnya dari kata fahq, yaitu membuat penuh isi mulut dengan percakapannya serta meluas-luaskan apa yang dibicarakannya, bahkan merasa asing - bangga - dengan kata-katanya karena ketakabburan serta perasaan tingginya dan menampakkan bahwa dirinya adalah lebih utama dari orang lain.
Imam Termidzi meriwayatkan dari Abdullah bin al-Mubarak rahimahullah dalam menafsiri arti "bagusnya budipekerti", ia mengatakan: "Bagusnya budipekerti ialah manisnya wajah, memberikan kebaikan dan menahan kejahatan."
Atstsartsar ialah orang yang banyak bicaranya secara dipaksa-paksakan sendiri. Almutasyaddiq ialah orang yang berlagak sombong kepada orang banyak dengan kata- katanya dan kalau berbicara itu serasa penuh isi mulutnya karena hendak memfasih-fasihkan serta mengagung-agungkan pembicaraannya sendiri itu. Adapun Almutafaihiq asalnya dari kata fahq, yaitu membuat penuh isi mulut dengan percakapannya serta meluas-luaskan apa yang dibicarakannya, bahkan merasa asing - bangga - dengan kata-katanya karena ketakabburan serta perasaan tingginya dan menampakkan bahwa dirinya adalah lebih utama dari orang lain.
Imam Termidzi meriwayatkan dari Abdullah bin al-Mubarak rahimahullah dalam menafsiri arti "bagusnya budipekerti", ia mengatakan: "Bagusnya budipekerti ialah manisnya wajah, memberikan kebaikan dan menahan kejahatan."
Tidak ada komentar:
Posting Komentar